Sabtu, 10 Januari 2015

MEMANCING DENGAN TEKNIK CASTING


Jakarta,11januari 2015

  Hallooo..sahabat Angler di seluruh tanah  air. Berjumpa lagi melalui blog KMMC jaksel. Semoga kesehatan dan kesuksesaan selalu menyertai kita semua. Ammiin...
  Sebelum nya saya Revi Exp, dalam ulasan perdana mencoba memperkenalkan  tentang "sejarah KMMC JAKSEL". Kali ini Saya mencoba mengulas sdikit banyak mengenai memancing dengan tteknik "Casting". Dalam hal ini tentu nya bukan mengenai dunia ke artisan.heheehe..
  Gimana?sdh menyiapkan kopi/sgelas teh biar lbh rileks...ok, sy pribadi hanya skedar berbagi pengalaman saja sputar dunia memancing.  dan ini murni pengalaman sy pribadi. Sy bukanlah master of casting atau shifu atau guru dan apalah itu. Sy hnya berbagi tentang apa yg sy ketahui. Jika dalam hal ini bnyk terdapat ksalahan pd pnulisan..mhon sudi kira nya untuk meluruskan apa yg kurang lurus. Hehehe.....Pd awal nya olahraga memancing dg teknik casting ini populer di negara amerika. Sy kurang begitu paham kenapa bisa populer juga di indonesia...(kebawa angin mungkin) haha.. Yg jelas menurut saya teknik ini diperkenalkan oleh angler indonesia yg memang menyerap ilmu dinegara USA tsb. Saya sendiri mengenal teknik ini dari media sosial dan televisi.    Baiklah apa sih casting? Casting itu adalah suatu tekhnik memancing dengan cara melempar umpan tiruan,dg menggunakan Rod (joran) lalu menggulungnya dg Rell (alat penggulung senar). jika salah satu dari  alat diatas tdk ada...atau menggunakan umpan hhidup (live bait) belum bisa dinamakan casting. Mgkn seperti itulah gambaran secara garis besar nya. Sy mnyukai teknik ini karna menurut saya teknik ini sangat praktis. Tdk perlu memakai umpan hidup seperti cacing,ulat dan sejenis nya. Dg teknik ini biasa nya target yg mnjadi sasaran adalah ikan" predator. Untuk air tawar seperti ikan gabus(haruan) toman ,hampala,dsb . untuk spot sperti muara atau bakau biasa nya target baramundi,mangrove jack dll.  Untuk ulasan saya saat ini saya coba berbagi pengalaman casting dg target ikan gabus,toman dan sejenis nya. Menggunakan umpan tiruan seperti katak biasa nya ampuh dalam casting gabus. Yg sekarang sedang ramai pula di KMMC.  Umpan tiruan seperti katak terbagi dalam beberapa jenis.kali ini sy cb bahas bberapa jenis saja. Soft frogy, hard frogy, dan jump frog. Untuk target gabus/toman. Sbetulnya masih bnyak jenis" umpan tiruan (lure) untuk bisa kita gunakan dalam casting.  biasa nya gabus   sangat senang berada diair yg terdapat tumbuhan" sperti eceng gondok, kangkungan,kapu"dsb.  Jika kita menemukan spot yg seperti ini lure yg cocok adalah soft frogy. Lure yg berbahan karet ini tidak mudah tersangkut pohon karena kail (hook) nya terlindung oleh body dr lure tsb.  

Gambar di atas adalah contoh dari lure soft frogy. Dengan cara melemparnya
Ke titik" potensial gabus berada dan menarik nya secara perlahan. Casting gabus tdk semudah yg kita bayangkan teknik mancing dg cara apapun memerlukan kesabaran. Lakukan lemparan berulang-ulang dan mnggulung nya secara perlahan. Cara ikan gabus memangsa ialah dg menyambar target nya. Nah!!! Jika dalam proses menggulung (retriev) terjadi sambaran gabus...detik" inilah yg sangat menentukan. Apakah kita akan strike,atau malah mocel. saran saya...stelah terjadi sambaran...berilah jeda waktu 3-5detik,agar lure yg qt gunakan benar" masuk tepat kedalam mulut sang predator. Barulah lakukan hentakan dan striiikkkee!!! Sperti gmbar dibawah ini. 



Kurang lebih nya sperti itu lah  stelah berhasil hook up. Kita tidak pernah tahu apakah kita akan mendapat ikan kecil atau kah besar. itulah seru nya casting gabus dalam hal ini tergolong dalam wildfishing atau memancing di alam liar. Memancing di alam liar juga membutuhkan stamina yg prima, kenapa begitu..? Terkadang spot" wildfishing itu biasa nya extrim. Maka dari itu keselamatan juga mnjadi hal utama. Gunakan sepatu boots untuk melindungi kaki kawan angler dr hal"yg tak terduga seperti gigitan ular dan binatang lain nya yg bs membahayakan diri. Berikut gambar hasil kami (KMMC) dalam suatu trip casting gabus.






Demikian lah sedikit ulasan mengenai Casting dg target ikan gabus. Tulisan ini sangatlah jauh dari sempurna..banyak sekali terdapat kekurangan" pd ulasan sy ini. Sy hanya berharap ulasan ini ada manfaat nya bagi para angler" terutama pemula yg ingin mncoba teknik casting tsb. Sampai jumpa di ulasan berikut nya Salam strike!!!
Let's go fishing...!!!


By; Revi Exp
Photo; #Bioliee #mr.bombom #reviexp

5 komentar:

  1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  2. iya om revi, boleh atuh infoin spot-spot wild fishing yang ada gabusnya,, ane baru mau coba kenikmatan wild fishing nih om,, biasa mancing d kolam n laut,, mohon infonya ya om,, terima kasih,,,

    BalasHapus
  3. Bagi lokasi nya dong om pengen nyoba ngebolang hehehe

    BalasHapus
  4. om salam kenal ijin gabung saya lg belajar casting kebetulan lokasi rmh saya diciganjur. kalau boleh minta no kontak kalau ada cingreng..makasih om

    BalasHapus