Jumat, 09 Januari 2015

Sejarah terbentuknya KMMC Jaksel

KOMUNITAS MANCING MANIA CIGANJUR
KMMC (JAKSEL)

SEJARAH TERBENTUKNYA KMMC dan CASTING

Bismillahirahmanirohim..
jakarta selatan,09 januari 2015


pepatah mengatakan ''tak kenal maka tak sayang'' maka dari itu izinkanlah saya memperkenalkan diri kpd pembaca skalian. saya diberinama dr sejak lahir sampai sekarang M reza Fahrevi, org menyebut saya dengan Revi/Reza.                              Mungkin saya bingung harus memulai cerita ini dari mana (bingung,pegangan.red) hehe..lanjuuttt,,,,
Pada saat itu saya belum kenal dengan apa yg nama nya "mancing'', apa sih mancing..? buat saya saat itu mancing adalah suatu kegiatan yg menyia-nyiakan waktu saja. (saat itu). menjelang hari raya idul fitri (lebaran)kebetulan saya mendapat kan libur beberapa hari/cuti. bingung harus menghabiskan waktu kmana, kebetulan ada saudara mengajak saya untuk refreshing ke sebuah danau di selatan jakarta yaitu danau setu babakan. awal nya saya segan...tp dari pad bosan dirumah saja,,,akhirnya saya pun meng-ia kan ajakan tsb. singkat kata berangkatlah kami ke danau tsb. dan ternyta saudara saya yg mengajak saya ini sdh menyiapkan alat pancing.saya pun bingung karna memang tdk pernah memancing. dengan bertanya samping kanan kiri akhirnya saya pun sdkit rmengerti gmn sih memancing. saat itu target kami adalah ikan mujair yg banyak terdapat di danau setu babakan ini. dg umpan cacing sayapun mencoba melempar ke titik yg sy yakin bs berhasil strike. lemparan pertama gagal...kail justru menyangkut di dahan pohon yg ada di pinggir danau...heheheh maklum nubie alias amatir. tdk putus asa sy cb bberapa kali lemparan lagi...5X melempar barulah sy lulus. ok,stelah itu kami standby menunggu ikan memakan umpan yg sy berikan. stengah jam berlalu tp blum ada tanda'' ikan makan. sy pun mengulung reel pinjaman sodara sy tsb. tdk disangka ternyata pancing yg sy tarik ada ikan nya..saat itu sy sangat senang skali. seekor ikan bloso atau dsebut jg gabus malas/groso/kerapu tawar...bntuknya memang menyerupai ikan kerapu kalau dilaut. kira'' seukuran 2-3jari. ternyata saat itu sy mulai ketagihan..''jadi bgni ya rasa nya orang mancing'' kata sy dalam hati.....dan pd akhirnya kami berhasil membawa pulang beberapa ikan mujair untuk kami santap dg cara menggoreng garing..hmmm,,,,mantaapp. beberapa bulan berlalu sy pun smakin keracunan dg yg nama nya mancing....setiap libur bekerja hampir selalu sy habiskan wktu sharian untuk pergi memancing. kurang seru rasa nya kalau mancing sendirian..sy pun mengajak sepupu sy bernama Taufan untuk menemani sy memamncing dan ternyata dia pun mengajak beberapa kawan nya uuntuk ikut dg kami...dan kamipun brangkat memancing. berawal dr mancing di danau yg target nya ikan mujaer sy mencoba naik level untuk memancing di kolam yang notabene isi nya ikan emas. dr mulai mancing kolam harian ,,lalu mengikuti lomba'' memancing...sy ikuti. dan tentu nya sy makin mengetahui tentang piranti memancing.
   smakin canggih nya media komunikasi,membuat sy tergugah untuk membuat sbuah grup mancing yang bertujun sbg wadah komunikasi antar sesama pemancing di daerah kami yaitu ciganjur jagakarsa, jakarta selatan. tepat nya tanggal 5januari 2012,,,terbentuklah sbuah nama KMMC (komunitas Mancing Mania Ciganjur) awal nya hanya sekedar iseng membuat grup tsb. grup yang saya buat melalui akun facebook hanya beranggotakan beberapa orang saja dr teman'' sedaerah kami. saya,taufan,ary,juki dan bang boy. bosan dengan memancing di kolam''..kami pun mencoba memancing di spot'' liar sperti rawa'' danau. Pengaturan akun facebook KMMC sy buat terbuka untuk publik...dengan harapan para pemancing yg berada di seputar jaksel dpt tergabung di grup kami dan dpt mnjalin persaudaraan sesama pemancing,dapat berbagi pengetahuan seputar dunia memancing. smakin hari smakin bertambahlah anggota grup KMMC  bahkan dr luar daerah pun ikut bergabung meramaikan grup kecil ini. dari situlah kami berbagi mengenai teknik'' memancing. berbagai macam tekhnik dalam memancing pun sy ketahui dan dipelajari. di spot tdk sengaja sy bertemu dg beberapa orang pemancing yang sy liat ko aneh ya. cara memancing nya tdk memakai umpan..melainkan menggunakan umpan buatan dr karet berbentuk katak. sy perhatikan baik''..mereka melempar ke arah ranting'' dan tumbuhan''air seperti eceng gondok dan lainya. pada saat istirahat sy cb untuk berbincang bincang mngenai teknik mancing yg mereka gunakan. dr hasil perbincangan kami..teknik tsb adalah teknik mancing CASTING yaitu teknik melempar lure (umpan buatan) dg mnggunakan ROD (joran) dan REEL (alat penggulung senar). dengan target ikan gabus(chana satriata) mreka ini tergabung dalam suatu grup mancing yang memang khusus memancing di alam liar/ wildfishing. dr situlah sy tertarik untuk mempelajari teknik casting tsb. dg bergabung di grup mancing khusus wildfishing atau memancing di alam liar. beberapa grup serupa sy masuki untuk menimba ilmu mngenai tekhnik mancing dg cara casting. beberapa grup mancing tsb yaitu WFAE, CASTINGER COMUNITY, MANCING MANIAC GRUP, SH2G,DLL. bulan berlalu sy pun smakin memahami cara'' teknikcasting tsb....ada rasa ingin berbagi kpd kawan'' di KMMC...akhirnya sy coba untuk mengenalkan kpd kawan"KMMC tentang apa yg saya pelajari...yaitu Casting. olah raga memancing yg sedang populer di indonesia dan negara lain nya. dg target ikan, gabus,toman baramundi,hampala,mangrove jack,toman dll. beberapa foto hasil mancing di danau setu babakan yang kami dapat dan kami santap bersama.


sampai bertemu lagi di ulasan KMMC selanjut nya, salam strike!!!
bravo mancing indonesia!!!

1 komentar: